Available courses

KONSELING MULTI BUDAYA KELAS BK 2019
HARWANTI NOVIANDARI

KONSELING MULTI BUDAYA KELAS BK 2019

  1. Mahasiswa mampu berfikir kritis logis, kritis sistematis, dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, sosial budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praktis bimbingan dan konseling.
  2. Mahasiswa mempunyai pemahaman mengenai perspektif bimbingan dan konseling dalam kaitan perubahan sosial budaya dan keterkaitan bimbingan konseling dengan berbagai perkembangan masyarakat kontemporer.
  3. Mampu menggunakan teori dan problematika perkembangan manusia sasaran bimbingan konseling, terutama anak dan remaja dalam proses pendidikan, budaya sebagai kerangka pikir (world view) layanan bimbingan konseling dan pencapaian tujuan pendidikan.

Pengantar Ilmu Komputer
HARJIANTO M.Pd

Pengantar Ilmu Komputer

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan sejarah dan pemanfaatan komputer di berbagai bidang,hardware, software, brainware, jaringan komputer, serta memberikan bekal kepada mahasiswa agar mampu mengoperasikan berbagai aplikasi komputer yang dibutuhkan dalam bekerja di kantor meliputi : microsoft office word, microsoft office eexcel, microsoft office powerpoint, dan microsoft office access

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini para mahasiswa diharapkan:

  1. 1Mengetahui sejarah komputer, perangkat keras, perangkat lunak serta jaringan (networking) pada sistem komputer.
  2. Mengetahui sejarah internet, penggunaan e-mail, searchengine, cloudcomputing (googledrive dan dropbox) dan mampu memanfaatkan aplikasi tersebut dalam kehidupan sehari – hari.
  3. Mampu memahami dan menggunakan aplikasi perkantoran microsoft office word, microsoft office eexcel, microsoft office powerpoint, dan microsoft office access.  


Ilmu Kewarganegaraan
HARJIANTO M.Pd

Ilmu Kewarganegaraan

Dalam perkuliahan ini dibahas konsep-konsep, teori, serta kualifikasi warganegara, memahami sejarah perkembangan pengajaran Civics, memahami aspek-aspek dalam demokrasi politik, serta memahami isu-isu kewarganegaraan kontemporer, sehingga dapat mengembangkan dirinya sebagai warga negara yang cerdas, demokratis, bertanggungjawab, serta partisipatif dalam kehidupan social

  1. Konsep dasar IKN : arti, tujuan, dan objek studi
  2. Hubungan IKN dengan ilmu-ilmu sosial lainnya
  3. Sejarah Civics di AS dan perkembangannya di Indonesia
  4. Rakyat, Penduduk dan Warga negara
  5. Kualifikasi individu warga negara (sebagai insan sosial, politik,   psikologi, insan Tuhan)
  6. Hak dan kewajiban warga negara
  7. Cara memperoleh dan kehilangan kewarganegaraan
  8. UTS
  9. Metode mengajar Civics
  10. Kelas Civics sebagai laboratorium demokrasi
  11. Masalah-masalah kontemporer kewarganegaraan
  12. Analisis kasus masalah kewarganegaraan
  13. Warga negara multidimensional
  14. Kompetensi warga negara global
  15. Lanjutan : Kompetensi warga negara global
  16. UAS 


EVALUASI PEMBELAJARAN
ROUDHOTUL JANNAH

EVALUASI PEMBELAJARAN

Deskripsi mata kuliah Evaluasi Pembelajaran yaitu Memahami konsep-konsep dasar evaluasi, menyusun perangkat evaluasi belajar, mengadministrasikan alat evaluasi, mengolah hasil belajar, melaporkan hasil belajar, dan menggunakan hasil evaluasi.